Total Tayangan Halaman

Jumat, 17 Februari 2012

ABSTRAKSI

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PESANAN GUNA MENENTUKAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN KONVEKSI TRIPLE ADVENTURE
PI  Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010
Kata Kunci : Harga pokok pesanan, Harga jual, Konveksi Triple Adventure
( ix + 34)

Pada penulisan ini diuraikan bahwa perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan melakukan perhitungan harga pokok pesanan untuk menentukan harga jual.
Penulisan ini untuk mengetahui besarnya harga pokok produksi dan penentuan harga jual yang akan dibebankan kepada pemesan. Dalam penulisan ini, metode yang digunakan dalam perhitungan harga pokok pesanan adalah yang diterapkan oleh perusahaan yang selanjutnya akan dibandingkan dengan metode full costing dalam penentuan harga jual dan dari hasil perhitungan tersebut akan diketahui mana yang akan lebih menguntungkan dalam penentuan harga jual, sehingga akan diketahui laba yang akan diperoleh.
Perhitungan menurut perusahaan menghasilkan harga pokok pesanan sebesar 1.332.000, dan harga jual perpotong pakaian sebesar Rp 74.000. Sedangkan perhitungan menurut metode full costing menghasilkan harga pokok pesanan sebesar Rp 1.745.682 dengan harga jual perpotong pakaian anak-anak sebesar  Rp 96.982. Perusahaan sebaiknya menggunakan pendekatan full costing dalam penentuan harga pokok produksinya karena perhitungan harga pokok produksi pesanan dengan menggunakan metode full costing lebih akurat dibandingkan dengan metode harga pokok pesanan menurut perusahaan.

Daftar pustaka (2006-2009)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar